Kamis, 02 Agustus 2012

Proposal Baksos Season 2 - One Love For Them


       I.                 Pendahuluan
Segala puji bagi Allah Rabb Pencipta Alam Raya beserta isinya, shalawat serta salam semoga tetap terlimpah pada Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabatnya.
Kita disini merasa miris akan kehidupan orang-orang yang mungkin jauh lebih buruk dari kita yang membangkitkan kita tuk memberi sesama orang muslim yaitu menginfakan sebagian harta kita kpada mreka yang kurang mampu.
            Sebagai seorang muslim yang baik kita wajib tuk memberikan pertolongan kepada seorang muslim lainnya sebagaimana yang tersirat dalam Al-Qur’an, seperti kita mengasihi anak yatim, fakir miskin dan lain sebagainya.
            Di dunia ini mungkin kita selalu membeda-bedakan mana yang kaya dan mana yang miskin, tapi di akhirat nanti yang membedakan kita dengan yang lainnya yaitu amal ibadah kita di dunia ini.
            Dengan ini marilah kita menginfakan sedikit dari harta kita yang mungkin bisa lebih mengurangi beban mereka dengan kita membuat acara ini dan supaya kita mendapatkan banyak lagi pahala di bulan yang suci ini yaitu Bulan Ramadhan karena di Bulan Ramadhan ini amal kita dilipat gandakan.
            Maka dari itu apabila kita ingin mendapatkan lebih banyak pahala di bulan ramadhan ini  kami memohon kepada ibu dan bapak untuk menyisihkan sebagian hartanya tuk membantu kita menyelesaikan acara ini yang insya Allah akan menjadi berkah dan ibadah untuk kita semua Amien.

II.               Landasan Pemikiran
·         Al-Qur’an dalam surat al-maun ayat 1-3 ; “ tahukah kamu orang yang mendustakan agama  yaitu orang-orang yang menghardik anak yatim dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin.” ( Q.S 107 ; Al-maun ; 1-3 )
·         Al-Qur’an dalam surat al-humazah 1-4 ; “ kecelakaanlah bagi setiap pengumpat lagi pencela yang mengumpulkan harta dan menghitung-hitungnya dia mengira bahwa hartanya itu dapat mengekalkannya sekali-kali tidak sesungguhnya mereka akan di lemparkan kedalam huthamah.” ( Q.S 104 ; Al-humajah ; 1-4 )
·         Al-Qur’an dalam surat al-kautsar ayat 1-3 ; “ sesungguhnya kami telah membewrikan kepadamu nikmat yang banyak maka dirikanlah shalat karena tuhanmu dan berkorbanlah sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus.”  ( Q.S 108 ; Al-kautsar ; 1-3 )

III.           Visi dan Misi Kegiatan
Visi dan Misi ini merupakan tujuan yang diharapkan dari penyelenggaraan ini. Sebagaimana visi kami adalah “Indahnya bersedekah dan berbagi.” Dengan misi, antara lain :
1.      Menanamkan rasa kepedulian terhadap sesama,
2.      Mensejahterakan, mengayomi, dan membantu anak yatim dan fakir miskin,
3.      Menanamkan pentingnya berbagi dalam kehidupan,
4.      Menyisihkan sebagian harta untuk yang tidak mampu, dan
5.      Menjadikan sedekah sebagai tabungan di akhirat nanti.

IV.           Sasaran Kegiatan
Sasaran dari kegiatan ini adalah semua elemen masyarakat Kota Bandung.
V.               Tema Kegiatan
One Love For Them
( Satu Cinta Untuk Mereka )


Sabtu, 21 Juli 2012

Bulan Ramadhan : Tidur = Ibadah ???

Bulan Ramadhan adalh bulan penuh berkah dan kebaikan. bagaimana tidak, semua perbuatan baik yang dilakukan akan diberikan ganjaran atau pahala, dimana pahala tersebut dilipat gandakan oleh Alloh SWT. Bahkan ada yang mengatakan bahwa tidurnya orang yang berpuasa atau shaum termasuk ibadah.
apakah itu benar.?
Kalau menurut pandangan saya, itu sedikit keliru. karena apa.??
Dengan adanya statment seperti, kebanyakan orang yang kurang mengerti dengan hal tersebut akan menghabiskan sebagian waktunya dengan tidur saat berpuasa. Sehingga tidak sedikit dari mereka lebih memilih tidur dan melewatkan ibadah lainnya yang lebih penting, seperti sholat, tadarus, dan lainnya.
Padahal, maksud atau tujuan utama dari kalimat tersebut adalah lebih baik kita tidur, daripada kita melakukan hal-hal yang membuat pahala puasa kita berkurang atau bahkan sampai membatalkan puasa kita.
Jadi, jika ada orang yang berpendapat bahwa tidur disaat berpuasa adalah ibadah, saya kurang setuju.

Jumat, 20 Juli 2012

baksos : SUKSES (part2)

sorry, kalo baksos : sukses (part 2) ini lama di postnya, cz buat upload satu video butuh waktu yang yaaa.., u know lah.
kalo di postingan sebelumnya gw cuman upload foto-fotonya doang, di postingan gw kali ini gw bakalan nghasih liat lu semua salah satu videonya. Video yang ada disini adalah penampilan dari anak-anak panti.
Kalo gitu, check this out.!!


video

gimana.??
bagus kan ngajinya.??









ZPT - Lemak, Minyak, dan Malam


                Sekarang, gw bakal ngebahas tentang ‘Zat Pembantu Tekstil’. Dimana zat pembantu ini meskipun bersifat sebagai zat pembantu namun peranannya tidak kalah penting dengan zat utama. Contohnya aja garam (NaCl), meskipun dia berfungsi sebagai zat pembantu dalam proses pencelupan, namun dalam beberapa zat warna jika tridak ditambahkan NaCl dalam proses pencelupannya maka akan didapat hasil yang belang atau tidak rata. Dalam contoh tersebut kita bisa mengetahui seberapa penting peranan zat pembantu teksti (ZPT) tersebut.
Okay, sekarang kita mulai aja pembahasan tentang Zat Pembantu Tekstil tersebut.!

1.       Lemak
Jenis minyak :
·         Lemak/minyak : ester dari gliserol dengan asam lemak.
·         Wax/malam : ester dari alkohol berbasa satu dengan asam lemak.
·         Wax/parafin : hidrokarbon rantai panjang jenuh/tidak jenuh.
Lemak/minyak adalah ester dari gliserol (alkohol trihidrat) dengan asam lemak dengan berat molekul (BM) tinggi. Syarat untuk ZPT adalah C=11-24, agar stabil.
Jenis asam lemak :
o   Asam Laurat       C11H23COOH       (Jenuh)
o   Asam Miristat    C13H27COOH       (Jenuh)
o   Asam Palmitat   C15H31COOH       (Jenuh)
o   Asam Linoleat    C17H29COOH       (Tidak Jenuh)
o   Asam Linolat      C17H31COOH       (Tidak Jenuh)
o   Asam Risinolat   C17H32OHCOOH (Tidak Jenuh)
o   Asam Oleat         C17H33COOH       (Tidak Jenuh)
o   Asam Stearat     C17H35COOH       (Jenuh)
                *jenuh : tidak ada ikatan rangkap.
                *tidak jenuh : ada ikatan rangkap.
Bentuk lemak :
§  lemak hewan pada umumnya jenuh/fasa padat.
contoh : Lemak sapi : Giserol – Tristearat dengan campuran Gliserol – Oleo – Palmito –                                            stearat.
                Lemak babi : Gliserol – Oleo – Palmito – Stearat.
                Mentega asli (susu hewan).
§  lemak tumbuhan umumnya tidak jenuh/fasa cair.
contoh : minyak jagung : Gliserol – Trioleat dengan campuran Gliserol – Oleo –                                                                   Palmito – Linoleat, Gliserol – Dilinolo – Oleat dan Gliserol –                                                          Trilinoleat.
                  Minyak jarak (pembasah).
Rantai Karbon :
Ø  Lemak harus stabil (C = 11 – 24).
Ø  Jumlah atom C rendah, seperti asam butirat (C4H9COOH).
contoh : mentega, mudah terbakar.
Ø  Asam lemak tak jenuh pada penyimpanan mudah teroksidasi oleh udara dan membentuk keton-keton yang berbau tengik.

Wax / malam :
Contoh alkohol berbasa satu :
-          Setil alkohol                      C16H33OH             TL = 50oC
-          Mesitil alkohol                   C30H61OH             TL = 88oC
-          Seril alkohol                      C26H53OH             TL = 79oC
-          Karnaubil alkohol              C24H48(OH)2         TL = 103oC

Wax / parafin (titik leleh tinggi)
Struktur : CH2n+2
               CH2n-1, -3
Sifat : Untuk parafin jenuh, tahan terhadap hidrolisa alkali sehingga disebut wax tidak tersabunkan.
Jenis pelarut : Benzena, alkohol panas, kloroform, terpentin, karbon disulfda, tidak larut dalam air,                     dan asam – alkali.

hunting tempat baksos season 2 'One Love For Them'

Ini adalah kegiatan yang Insya Alloh akan berkelanjutan setiap taunnya, dan gw berharap kegiatan bakti sosial 'baksos' ini bisa bermanfaat buat yang nerimanya.
Buat baksos kali ini kita ga akan mengujungi panti asuhan lagi, tapi kita bakal mengunjungi suatu tempat, dimana tempat itu dipakai sebagai sekolah. Mereka namain tempat itu 'Rumah Pelangi'
biar lebih jelas lagi, nih gw kasih gambar/ fotonya.