Selasa, 26 April 2011

SM*SH korban demam Korea

Demam boy band sedang melanda Indonesia, yang mejadi pionir adalah Negeri Gingseng atau Korea. Korea yang sekarang ini sedang eksis dengan perfilman dan boy bandnya berhasil menghipnotis para remaja di Indonesia. Banyak remaja di Indonesia sangat menyukai film dan lagu-lagu Korea, bukan hanya karena ceritanya yang menarik atau menghibur tetapi kebanyakan dari mereka lebih tertarik dengan para pemainnya, terutama para gadis remaja. Selain film, boy band mereka pun demikian, karena tidak sedikit para pemain film di Korea yang sedang digandrungi oleh remaja di Indonesia terjun ke dunia tarik suara, baik solo, band, maupun boy band. Boy band mereka yang sangat digandrungi di Indonesia salah satunya adalah SuJu atau Super Junior. Super Junior yang dihuni oleh banyak bintang film korea menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka untuk menaikan eksistensi mereka. Boy band Korea mulai memasuki pasaran Indonesia pada pertengahan tahun 2010 lalu.

Dipungkiri atau tidak boy band asal Indonesia yang sekarang sedang naik daun bisa disebut sebagai salah satu korban demam boy band Korea. Mereka adalah SM*SH, SM*SH adalah boy band asal Kota Kembang Bandung. SM*SH yang memiliki arti Seven Man As Seven Hero ini mulai muncul pada awal tahun 2011 ini. SM*SH beranggotakan 7 orang remaja, mereka adalah Bisma Karisma, Morgan Oey,M. Reza Anugrah, Ilham Fauzi, Rangga Moela, Rafael Tan, Dicky Prasetya. Diawal kemunculan mereka banyak sekali cibiran atau ejekkan yang datang pada mereka, karena mereka digadang-gadang sebagai ‘flagiat’ atau peniru boy band asal Korea SuJu (Super Junior). Pada saat ditanya awal mula terbentuknya boy band ini, mereka mengatakan, pada awalnya mereka hoby dan menyukai boy band asal Korea, lalu mereka mencoba untuk membuat sebuah boy band dan terbentuklah SM*SH. Meskipun banyak cibiran yang menhinggapi mereka tetapi dari cibiran itulah awal mereka terkenal di Indonesia. Selain dari kontroversi itu, SM*SH juga eksis dengan lagu I Heart You yang menjadi single pertama mereka, yang menjadi daya tarik dari lagu itu adalah pemasangan kata-kata yang unik dan aneh seperti kata ‘cenat cenut’ di baris pertama lagu mereka. SM*SH yang awalnya selalu dicibir sekarang menjadi idola bagi para remaja di Indonesia, kenapa tidak ? mereka yang memiliki wajah yang tampan menjadi salah satu penyebabnya, dan para fans mereka dikenal dengan sebutan SM*SH Blast.
Dengan banyaknya cibiran yang datang pada mereka, akhirnya mereka menciptakan sebuah lagu yang sangat mencerminkan perjalanan dan perjuangan mereka untuk eksis di Indonesia. Lagu tersebut berjudul Senyum Semangat, dalam lirik lagu ini mereka menulis kata-kata seperti ‘tak pernah ku malu karena cibiran mu, ku jadikan motivasi untuk maju’ dari kalimat tersebut bisa kita simpulkan bahwa mereka tak pernah mengambil pusing cibiran yang datang pada mereka, karena mereka hanya ingin berkarya dan menghibur banyak orang. Pada beberapa tahun kebelakang memang boy band lokal sempat eksis tetapi seiring dengan berjalannya waktu mereka akhirnya tergeser oleh band pop, dan sekarang boy band kembali bermunculan di Indonesia dan SM*SH bisa disebut sebagai pionirnya, karena dengan hadirnya SM*SH di blantika musik Indonesia semakin meramaikan permusikkan di Indonesia.

4 komentar:

  1. Mungkin Banyaknya penggemar film-film korea menginspirasi mereka untuk membentuk sebuah boyband, yang sangat mirip dengan boyband yang ada di luar negeri .

    BalasHapus
  2. bisa jadi itu salah satu penyebabnya.
    tapi apa ngga berlebihan kalo mirip banget sama aslinya?

    BalasHapus
  3. Nah, betul itu.
    Kemiripan itulah yang menjadi permasalahan.
    Alangkah lebih baik jika mereka membuat hal lain yang unik, yang membuat mereka menjadi sesuatu yang berbeda.

    BalasHapus
  4. nah itu dia, keunikan itulah yang sulit dicari, karena keunikan itu datang dari diri sendiri tanpa dibuat-buat

    BalasHapus